Rabu, 01 Juni 2011

contoh laporan hasil inventori




RAHASIA
 
RAHASIA
 



LAPORAN HASIL INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SMK

Nama                                       : Dita Kurnia Anggraini
Jenis Kelamin                          : Perempuan                
Kelas                                       : X
Jurusan                                                : Akuntansi
Asal sekolah                            : SMK Negeri 1 Tempel
Tanggal pengisian inventori     : 13 April 2011

A.     Hasil Inventori Kesiapan Kerja secara Umum
·         Norma Nilai           : 143
·         Kategori                 : Sedang   

B.     Hasil Inventori Kesiapan Kerja per Aspek

ASPEK
SKOR
PERSENTASE
KATEGORI
Tanggung jawab
25
78
Sedang
Fleksibilitas
23
82
Tinggi
Keterampilan
32
80
Sedang
Komunikasi
22
78
Sedang
Pandangan terhadap diri
31
77
Sedang
Kesehatan dan keselamatan
10
83
Tinggi

C.     Grafik Kesiapan Kerja

Rendah
 
Sedang
 
Tinggi
 

Yogyakarta, 17 April 2011
                               Praktikan,


Lilik Inung Prawitasari
                    NIM. 08104241028
                                         









·       Penjelasan dihalaman berikutnya
KETERANGAN SINGKAT INVENTORI KESIAPAN KERJA

              Inventori kesiapan kerja ini untuk membantu siswa mengidentifikasi dan kemudian menunjukkan ciri-ciri kesiapan kerja yang akan memungkinkan siswa untuk lebih baik dalam menghadapi tantangan kerja saat ini.

1.    Aspek Kesiapan Kerja yang Diukur

ASPEK
URAIAN
Tanggung jawab
Dapat menunjukkan peningkatan saat bekerja dalam sehari. Dapat berkerja dengan  standar yang tepat, dan tepat waktu. Tanggung jawab juga meliputi datang bekerja setiap hari, dapat memenuhi target, penuhi standar kualitas kerja, kerja focus, dan mempunyai etika yang baik dalam bekerja.
Fleksibilitas
Aktif dalam bekerja, mampu mengerjakan tugas berbeda, menerima perubahan situasi kerja, meningkatkan usaha sesuai keinginan pimpinan, bekerja lembur, dan dapat memecahkan masalah.
Keterampilan
Mampu dan memenuhi syarat untuk bekerja. Mengetahui kekuatan diri dan menerapkan kemempuan pada situasi kerja yang baru. Termasuk juga memperbarui ketrampilan, dan berpartisipasi dalam training karyawan atau melakukan studi lanjut.
Komunikasi
Bisa mengikuti arahan, meminta bantuan, dan menerima umpan balik dan kritikan yang membangun. Ini juga termasuk saling menghormati, berteman akrab, dapat bekerja sama, saling mendukung demi terselesaikannya pekerjaan.
Pandangan terhadap diri
Percaya diri dan dapat sukses, dapat memahami diri, menghargai diri, mengendalikan diri, evaluasi diri, sadar terhadap pembawaan diri yang positif maupun negative.
Kesehatan dan keselamatan
Memelihara kenyamanan, keselamatan dan  tidak ada kecelakaan di tempat kerja. Termasuk juga sehat jasmani dan mental saat bekerja. Ikuti kebijakan, mempraktikan perilaku kesehatan dan keselamatan kerja, menjalankan tugas sesuai prosedur, memakai peralatan kerja sesuai prosedur, memakai pakaian kerja yang sesuai, dan bebas dari rokok dan narkoba.


2.    Deskripsi Kategori Inventori Kesiapan Kerja per Aspek
a.    Tanggung jawab
Secara umum, siswa cukup dapat menunjukkan peningkatan saat bekerja dalam sehari. Dapat berkerja dengan  standar yang tepat, dan tepat waktu. Tanggung jawab juga meliputi datang bekerja setiap hari, dapat memenuhi target, penuhi standar kualitas kerja, kerja focus, dan mempunyai etika yang baik dalam bekerja.
b.    Fleksibilitas
   Secara umum siswa telah aktif dalam bekerja, mampu mengerjakan tugas berbeda, menerima perubahan situasi kerja, meningkatkan usaha sesuai keinginan pimpinan, bekerja lembur, dan dapat memecahkan masalah.
c.    Keterampilan
   Secara umum siswa cukup mampu dan memenuhi syarat untuk bekerja. Mengetahui kekuatan diri dan menerapkan kemempuan pada situasi kerja yang baru. Termasuk juga memperbarui ketrampilan, dan berpartisipasi dalam training karyawan atau melakukan studi lanjut.
d.    Komunikasi
          Secara umum siswa cukup bisa mengikuti arahan, meminta bantuan, dan menerima umpan balik dan kritikan yang membangun. Ini juga termasuk saling menghormati, berteman akrab, dapat bekerja sama, saling mendukung demi terselesaikannya pekerjaan.
e.    Pandangan terhadap Diri
          Secara umum siswa cukup percaya diri dan dapat sukses, dapat memahami diri, menghargai diri, mengendalikan diri, evaluasi diri, sadar terhadap pembawaan diri yang positif maupun negatif.
f.     Kesehatan dan Keselamatan
          Secara umum siswa telah memelihara kenyamanan, keselamatan dan  tidak ada kecelakaan di tempat kerja. Termasuk juga sehat jasmani dan mental saat bekerja. Ikuti kebijakan, mempraktikan perilaku kesehatan dan keselamatan kerja, menjalankan tugas sesuai prosedur, memakai peralatan kerja sesuai prosedur, memakai pakaian kerja yang sesuai, dan bebas dari rokok dan narkoba.

3.      Saran untuk Keperluan Bimbingan dan Konseling
        Berdasarkan hasil inventori di atas, siswa disarankan untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling kelompok maupun bimbingan dan konseling individual untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar